Jumat, 24 Juni 2016

Tips Aman No Ribet Selama Mudik



Yeaaay, tinggal hitungan hari libur panjang sudah di depan mata. Beberapa dari kamu pasti sudah jauh-jauh hari merencanakan mudik. THR pastinya udah aman kan, masih belum bolong? Hehehehe. Dan yang pasti beberapa di antara kamu udah gajian. Jadi soal uang udah aman, tinggal siap tukar untuk salam tempel anak-anak kecil di kampung halaman.

Berita kecelakaan, atau hal yang gak aman selama mudik dna menjelang lebaran pasti membuat kamu tidak tenang. Ingin mudik aman, no ribet gimana sih caranya? Berikut beberapa tips yang bisa dicoba, dan pastinya no ribet :

Tiket
Dari jaman jabot ini masalah selalu bikin kepala puyeng, perut mulas dan pastinya bikin sebel gak ketulungan. Ini juga yang sering kejadian sama saya. Biasanya 3 bulan sebelum mulai mudik kan penjualan tiket dibuka. Nah seringnya website eror, telpon customer centre sibuk melulu. Ngeselin sih memang, tapi untuk yang satu ini gak ada solusi selaen kamu udah sabar. Tapi kalau kamu mau, sebaiknya majuin jadwal pulang alias ambil cuti, dan beli tiket di tanggal sepi pemudik. Contoh kamu berniat mudik tanggal 2 Juli, majuin jadi 30 Juni. Dijamin dapat tiketnya, ini dialami sama salah satu teman saya. Gimana dengan tiket baliknya? Kalau saya sih, gak masalah jika seandainya gak dapet tiket murah. Karena sebelumnya sudah persiapan nabung buat beli tiket ini, dan nabung buat orang rumah. Sama saja seperti kita piknik, bedanya ini piknik di kampung halaman. Pesen tiket sekarang udah gak ribet kok, bahkan dijamin aman. Kamu bisa bayar pake ATM, atau beli via online. Tapi tidak disarankan beli menggunakan credit card yah. Kalau lagi gak stabil dan kamu lupa hapus cookies, bisa di hack nanti credit card kamu.

Tukar uang THR untuk salam tempel
Sekarang banyak layanan untuk tukar uang khusus lebaran, tapi lebih aman sebaiknya di bank saja. Untuk yang kerja di bank, tinggal datang ke teller saja. Tapi kalau kamu karyawan biasa ya sudah, ambil waktu saat lunch atau ijin sama bos lah mau tukar uang. Jangan mepet waktunya, usahakan begitu terima THR langsung di tukar. Sisihkan dulu sesuai rincian yang telah dibuat. Jangan beli di jalan yah, belum tentu harganya masuk akal.

Bawaan jangan segambreng
Sampai rasanya mau pindahan. Orang rumah kamu pasti nyimpen baju di rumah, kecuali baju kamu dibawa semua saat merantau. Saran saya, bawa seperlunya saja. Toh kamu bisa mencuci di rumah, dan menggunakan mesin cuci. Belum ada? Belikan dong agar ibu di rumah gak berat mencuci dengan tangan, nguntungin kamu juga. Kalau pembantu di rumah belum pulkam bisa sih minta tolong tapi kaish sedikit uang lebih yah. Kan kamu udah kerja punya penghasilan sendiri, sisihkan kalau memang kamu berlebih.

Bawa uang tunai secukupnya
Jangan bawa uang banyak, terutama kalau kamu menggunakan mobil pribadi. Secukupnya saja untuk beli air minum atau cemilan di minimarket. Selebihnya gunakan kartu debit atau kredit, flash pay, mobile banking. ATM bertebaran bahkan mesin edc sudah ada di setiap merchant. Gak perlu khawatir lah.



Siapkan salam tempel
H-7 sebelum mudik sudah persipakan yah, jangan masih dalam bentuk uang segepok. Dan jaga baik-baik jangan sampai hilang. Semalam sebelum sholat Ied, persiapkan lebih dulu amplop berisi uang, agar sehabis sholat Ied dan rumah mulai didatangi kerabat kecil, amplop sudah siap dibagi.

Oleh2?
Beli saja yang cukup terkenal di kampung halaman dan beli di toko yang menjual grosiran. Dan cukup beli satu jenis untuk masing-masing kategori teman. Misalnya beli kerupuk satu macam 3 buah untuk teman kantor, kos, atau sahabat dekat. Jangan dibeda-bedakan nanti kamu bingung sendiri. Beli saja dalam satuan grosir. Selain agar bawaan kamu gak ribet saat balik ke perantauan, kamu terhindar dari perasaan bersalah karena salah kasih. Kalau ada yang nitip oleh-oleh jangan terlalu ditanggapi, bilang saja tak sempat atau bawaan sudah penuh. Biasanya mereka hanya becanda saja kok, belikan saja untuk orang dekat atau yang sering berinteraksi dengan kamu. Nah untuk yang satu ini, beli dengan uang tunai yah.

THR aman
Hah, maksudnya? Gini THR kan Tunjangan Hari Raya betul memang untuk berhari raya. Tapi juga harus aman dong. Jangan terbang ditiup angin surga melulu. Simpan sebagian untuk ditabung atau investasi. Kalau ada utang gimana? Bayar dulu lah, prioritas utama jangan sampai lupa. Kalau habis buat bayar utang? Ya udah masih ada gaji kamu kan? Sisihkan 10-20% untuk tabungan dan investasi. Jangan dihabsikan semuanya. Selalu dan selalu utamakan nabung dan investasi. Contohnya pada deposigo yang menawarkan bunga 6,75% atau investasi reksa dana terproteksi agar dana THR kamu tetap aman. Kamu bisa dapatkan infonya dengan mengakses langsung via website DBS Treasures. Mau langsung apply juga bisa kok, no ribet kan?

Nah, semoga tips ini membantu yah. Selamat mudik dan sebelum lupa met lebaran. Maap kalau ada salah-salah dalam penulisan. Happy long long holiday everyone

11 komentar:

  1. Nah, gini, dong. Sip, Na. Ayo nulis. Jangan malas :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. saha iye cibubur district? yaoloh gak ada nama lagi :D

      Hapus
  2. banyak kali iklan terselubung, Na, hahaha. Mantap. Menulis terus, Na. Jangan badan digedein :v

    BalasHapus
  3. Hi, Na. Bagus tulisannya. Santai, simple, cocok buat lagi baca pas waktunya santai-santai. Coba buat tulisan lainnya yang pake gaya bahasa lebih santai lagi, Na. Lebih santai or ada sedikit candaan yang buat pembaca senyum-senyum sendiri. Good luck, Na! Keep writing ya.

    BalasHapus
  4. Mantap! Lanjutkan, Madam Nana!

    BalasHapus
  5. Sepakat, Kak Na. Tiket pp yang harus disiapin bener jauh-jauh hari. Harga dan persaingannya senggol bacok bet -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bikin pengen senggol bacok. Gue aja sampe hampir 500 rbu buat pp doang. Masya Allah, kayak beli tiket pesawat aje. Yg ekonomi ludes bles

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. Sepakat, Kak Na. Tiket pp yang harus disiapin bener jauh-jauh hari. Harga dan persaingannya senggol bacok bet -__-

    BalasHapus
  7. Ini baru artikel yg iklan terselubungnya relevant.. lanjutkan!

    BalasHapus
  8. Untungggg aku masih dapat jatah salam tempel. Hihihi .... And yes, i agree with you. Tiket PP harus udah ditangan sebelum pulang.

    BalasHapus