Kamis, 08 September 2016

7 Ciri- ciri Pembeli Cerdas Saat Belanja Online, Kamu Termasuk?

Kebutuhan orang yang beragam, dan keterbatasan waktu yang dimiliki membuat online shop saat ini bertaburan layaknya jamur di musim penghujan. Dengan berbagai tawaran menarik yang diberikan kadang membuat kita sebagai buyer mudah tergoda. Mungkin kamu pernah mengalami?
Ada juga sebagian dari kita yang pernah mengalami tertipu online shop abal-abal karena tergiur harga miring tanpa mengecek lebih dahulu harga normal dari barang yang diinginkan. Namun sebagian dari kita ada juga loh yang cerdas saat belanja online.

Apakah kamu termasuk salah satu ciri pembeli cerdas saat belanja online? Cek dan kenali yuk 7 ciri-ciri berikut :

Tidak stress

Maksudnya? Oke, kamu pernah merasa stress sehabis belanja dan nyesel gak ketulungan dan guilty sampai merasa sangat bodoh. Nah itu udah tanda bahwa kamu impulsive. Tapi itu tidak berlaku untuk pembeli cerdas. Lah? Kok bisa? Jelas dong, gimana bisa stress kalau dia belanja dengan logika. Bukan berdasarkan perasaan semata. Sebelum belanja dia akan cek ulang apakah dia sudah punya barang tersebut atau tidak. Terlihat setelah sehabis membeli barang, mukanya manyun or gak. Mengeluh atau gak dengan harga barang yang bahkan setara dengan uang jajannya seminggu.


Tahu bedanya needs dan wants
Saat belanja, si pembeli cerdas tahu saat melihat barang di online shop itu kebutuhannya atau hanya keinginannya. Mau tahu dari mana ngeceknya? Biarpun harganya bikin tergoda, tergiur tapi tidak langsung dibeli alias gak dimasukin ke keranjang belanja. Atau langsung telpon penjual dan iyain beli. Pembeli cerdas tahu barang apa yang dibutuhkan sebelum dia membuka situs belanja online/online shop.

Not Addict just one
Maksudnya itu bukan fanatik dengan satu online shop saja. Sekalipun sudah merasakan kepuasan atas service atau barang dari satu online shop. Pembeli cerdas hanya mempertimbangkan saja sebagai situs belanja online yang cukup oke. Tapi saat mencari barang yang dibutuhkannya, pembeli cerdas tetap mempetimbangkan situs belanja online lainnya. Misalnya saat ingin belanja handphone yang dibutuhkan, pembeli cerdas mempertimbangkan harga yang sesuai dengan budget yang dimiliki.

Sok gak butuh alias jual mahal
Loh? Kayak belanja di pasar tradisional. Ya begitulah pembeli cerdas walau ngebet banget, tapi masih bisa nahan nafsunya untuk belanja. Dia santai lihat-lihat dulu, cek-cek dulu harganya lewat priceza atau tanya ke teman dekat. Bila perlu biasanya dia akan lebih cek lagi kira-kira barang yang dia ingin beli ini jika dibandingkan dengan beli di mall atau toko offline lebih mahal atau justru lebih murah.

Detail oriented
Kamu orang perfeksionis, detail dalam memilih barang. Good job berarti salah satu ciri pembeli cerdas ada di kamu nih. Karena pembeli cerdas tidak sungkan untuk melihat dengan detail barang yang akan dibeli sekalipun dalam bentuk online. Yang jadi pertimbangan pertama adalah siapa sellernya dan supplier yang kerjasama dengan seller. Testimoni dari buyer lain menjadi pertimbangan berikutnya. Apalagi jika barang tersebut adalah barang elektronik dengan risk cukup tinggi. Garansi 100% dan perlindungan maksimal terhadap barang tersebut menjadi pertimbangan utama.

Not shopping addict
Kalau tadi not addict just one online shop, nah kalau yang ini not shopping addict. Yup pembeli cerdas bukan shopping addict. Dia hanya membeli barang yang dibutuhkan, ingat ciri kedua. Needs bukan wants yang jadi pertimbangan pembeli cerdas saat belanja online. So, kalau kamu masih termasuk kategori shopping addict yah belum masuk kriteria atau ciri pembeli cerdas.

Pintar atur budget
Pembeli cerdas sangat pintar atur budget mana yang untuk belanja, mana yang untuk kebutuhan  sehari-hari. Dia pasti sudah menyisihkan uang untuk belanja sekalipun bulan itu tidak ada pembelanjaan di luar belanja bulanan. Pernah lihat gak teman yang anteng-anteng saja saat ingin beli kamera tapi di tanggal tua? Bukan karena menggunakan kartu kredit tapi dia memiliki budget khusus yang dia sudah sisihkan sebelumnya.

Nah itu dia 7 ciri-ciri pembeli cerdas saat belanja online. Bagaimana dengan kamu? Apakah salah satu cirinya ada di kamu atau hanya salah satunya? Share yah di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar