Senin, 04 Maret 2024

Travelling ke Malaysia Tanpa Rencana Begini Jadinya - Part 4

Penang part selanjutnya bakal gue ceritain, mulai dari makan roti bakar asli Penang yang super duper ngantri, iseng nyari tempat kampus yang jadi impianku buat belajar nantinya, sampai makan nasi yang bentuknya kayak nasi kucing di area yang biasanya jadi semacam pasar gitu. Ok, lanjut aja ya

Hari kelima gue bangun siang, jam 9-an, antri sarapan, sayangnya gak sempat main ke Pantai Batu Feringgi, tapi main ke kampus terkenal di sana KDU Penang University College.

Mau sarapan aja kudu antri dulu

Perut gue untungnya bisa bersabar dengan antrian yang bujubuneng puanjang pas gue sampe sekitar jam 10-an. Jadi gue harus antri sampe kira-kira 1 jam-an. Bayangin dah tuh, gue gak sangka antrinya parah banget. Cuma katanya di sini roti bakarnya enak, paling enak se-Penang, namanya Toh Soon Cafe. Jadi gue bela-belain ngantri. Tapi jangan berharap ada white coffee yang dijadikan paket di sini. Jadi gue di situ nyoba pertama makan roti bakar dengan telur setengah matang namanya Kaya Toast. Roti bakar dengan selai srikaya, taburan gula, pandan atau hanya dioles margarin plus sajian telur yang bisa request matang atau setengah matang. Buat dapet sarapan ini gue harus antri tempat duduk sampai jam 11. Untunglah sepanjang jalan antrian, mata gue bisa dipuaskan dengan street art di temboknya. Keren dan nyeni banget.

Duduk di depan couple bule yang ciuman

Pas gue dapat tempat duduk, awalnya sih kasihan karena tuh bule gak dapet tempat duduk, sementara di meja gue itu masih ada 2 kursi kosong. Ya udah gue persilakan mereka berdua duduk di depan gue, eh malah ciuman sebel banget kan gue. Untunglah bukan bule LGBTQ, bisa tambah eneg gue kalau iya. Setelah lama nunggu akhirnya...

Dapet meja dan duduk bareng penduduk lokal

Jujur selain risih sama tuh bule couple, akhirnya gue alihkan mata sambil liat-liat meja kosong lain. Finally gue dapet meja persis di depan dapur pembuatnya. Setelah lama nunggu, akhirnya pesanan gue datang. Sepiring roti bakar kaya toast dengan segelas telur setengah yang gue pesan 1/4 matang, jadi gak amis banget. Buat bikin gurih dan pedas, gue tambah lada bubuk yang untungnya dikasih. Teh tariknya juga enak banget. Enaknya gue semeja sama penduduk lokal yang gak kepo, karena semua sibuk makan. Tapi, berhubung masih laper, gue cari makanan lain..

Makan nasi kucing di pasar yang jual orang Bangla

Di Georgetown itu ada pasar, nah karena gue kesiangan jadi tuh pasar ya sepi. Walau udah mulai sepi, tapi masih ada kedai yang jual nasi kucing. Harganya hampir sama dengan yang pernah gue beli di terminal bas dekat airport. Hanya di sini karena banyak orang Bangla, gue rada males berlama-lama. Mending gue putusin buat jalan-jalan aja. Hari ini gue mutusin buat explore ke kampus KDU Penang University College.

Jalan kaki cukup panjang buat sampe kampus

Gue udah lupa detilnya tapi kaki gue lumayan pegel. Gue cuma andelin Google Maps buat nyampe kampus yang katanya afiliasi dengan kampus luar. Gue gak bisa masuk ke dalam kampus karena hari itu udah siang dan lagi libur. Jadi gw cuma sampe di halte depan kampus aja. Gue duduk agak lama karena kaki gue pegel banget. Istirahat buat kumpulin tenaga buat jalan kaki lagi balik ke area hotel.

Duduk ngopi di cafe buat minum white coffee Penang

Badan capek, kaki yang udah gak sanggup lagi bergerak membuat gue mutusin buat minum kopi di cafe area Georgetown. Tadinya pas sore gue mau main ke area yang cukup jauh dari Georgetown, lupa namanya apa tapi di situ kayak pusat kulinernya. Cuma berhubung gw hemat budget dan badan juga pegel gue putusin buat nongkrong di area Georgetown aja. Kopinya yang dijual enak gak bikin kantong bolong. Gue duduk di situ cuma buat ngopi sambil kira-kira mikir lagi tempat mana yang mau gue jelajahi pas malam. Mungkin hanya makan malam aja di area dekat hotel.

Malamnya nerima telpon dari orang asing

Lagi-lagi gue diganggu, malamnya terima telpon dari orang asing yang ngakunya sih diutangin sama temen gue. Karena pada dasarnya gue gak curiga dan bermaksud baik, gue coba bantuin. Tapi setelah gue dikasihtau temen gue di Indonesia gue mutusin buat blokir nomor orangnya, takutnya gue ditarget atau apalah. Malam itu gue anehnya gak laper jadi cuma ngemil kacang rebus chickpea dan jagung aja. Berhubung gue juga ada kerjaan dari kantor, akhirnya gue ngemil sambil ngerjain kerjaan kantor. Setelah kerjaan selesai gue mutusin istirahat biar besok bisa bangun pagi dan nikmatin roti bakar lebih pagi. Toh Soon Cafe eniwei buka jam 8 pagi dan udah banyak yang antri dari jam 7 loh.

Hari keenam bisa bangun gak ya? Tunggu part 5 ya yang jadi part terakhir....