Rabu, 21 Juni 2023

Travelling ke Malaysia Tanpa Rencana Begini Jadinya - Part 3

Lanjut ke part selanjutnya nih cerita travelling gue ke Malaysia. Kalau sebelumnya di Ipoh, kali ini gue akan ceritain yang ke Penang, mba bro. Penang nih selain makanannya yang enak, street art-nya juga lebih komplit. Tadinya sih gue mau jalan ke atas tuh naik kereta yang ke atas, yg verticalnya tuh mirip kayak tingginya si Historia Dufan. Tapi berhubung uangnya gak cukup yah batal deh :(. Ya udah gue kulineran aja dah sama explore street art yang emang ada di suatu tempat gitu. Di Penang ini ada cerita yang unik lagi, kali ini tentang bahasa dan sistem transport di sana. Apa tuh? Baca aja deh sampe tuntas, lanjoooot.

Hari Ketiga - Georgetown di waktu malam yang hidup dengan kulinernya

Sampe di bandara Penang....

Gue mau naik bas yang jurusan terminalnya Penang. Eh, ternyata bas-nya itu gak bisa terima uang kembalian, alias kudu UANG PAS, karena uang cash-nya dimasukin ke mesin. Untung gak mesti bayar pake Flazz Card, bisa lebih repot lagi. Ok, karena gue gak ada uang pas dan gak ada WNM alias warga lokal Malaysia yang bisa gue tukerin uang pas, terpaksa gue ke dalam cari toko buat beli sesuatu biar ada uang kembalian. Setelah dapet uang pas, gue lanjot nunggu bas-nya. Agak lama gue nunggunya, sekitar 1 jam deh. Begitu dapet dan berjalan agak lama, eh ada drama lagi dong..

Drama di bas menuju terminal Penang

Bukti bayar bas nya gue lupa deh taro di mana, dan ndilalah malah ditagih tuh bukti sama kondektur Malaysia. Untung ada ibu baik yang duduk di sebelah gue, ngebelain kalau gue tuh masuk angin katanya jadi gak usah ditagih deh bukti bayar-nya. Gue yang gak ngerti artinya iyain aja deh, karena udah keburu panik takut diturunin di jalan wakakaka. Gue bakal spill artinya, baca terus sampai tuntas.

Nyasar nyari alamat hostel dari terminal Georgetown, Penang

Turun di terminal, gue coba cari alamat hostel pake GMaps, bilangnya sih deket bisa jalan kaki, eh pas gue jalan kaki kok nyasar mulu muter-muter gak jelas. Dasarnya gue tuh emang gak bisa baca Maps hahaha. Terus karena gue nih udah cape, lelah dan lapeeeer banget, gue mutusin naik Grab aja deh. Sama kayak waktu kejadian di Ipoh, nyari alamat hostel sampe muter-muter jalan kaki. Pas naik grab eh cuma bentar.

Ah, akhirnya sampe hostel. Astaga begitu sampe, gue udah ditagih deposit dong, bete banget deh. Eniwei, namanya Wassup Youth Hostel, pilih kamar yg dormitory, campur. Nih hostel ada kolam renangnya, walau kecil sih. Di sini gue ketemu bule lagi, cuma gak berani negor cause malu hehehe.

Makan malam sup iga sapi pake roti yang katanya sih enak, habis itu laper lagi....

Habis mandi, gue laper langsung deh cari resto Sup Hameed yang jual sup dan roti plus teh tarik. Kalau kata review di Google sih enak banget. tapi yaah namanya lidah gue udah keracun sama gurihnya bumbu dan rempah Indonesia, jadi sulit banget pas nyicip sup di resto Hameed ini. Rasanya tuh kurang gurih, kurang berempah, roti nya juga biasa banget, kayak roti nya burjo Indo, wakakakakaka. Dasar lidah Indo mah kurang gurih kurang enak, hahahaha.

Yah berhubung laper gue jabanin aja dah, dihabisin daripada lemes dan laper ye kan?? Tapi teh tariknya sih lumayan yah, mungkin khas ini resto minuman teh tarek maaang, eh hahahaha. Eniwei nih resto pelayannya orang India, biar kata senyumnya manis tapi duh bau ketek wakakakaka.

Dan karena pada dasarnya gue lagi meliburkan diri dari diet makan sehat, jadinya ya gue makan enak deh hehehe. Habis nyeruput sup dan gigit roti, plus ngeteh pake susu, gue ngemil kacang Arab yang direbus dan jagung rebus yang enak banget. Kacang nya namanya apa ya? Oh ya chickpea, nah ini nih yang masih sehat. Sisanya sih gak sehat deh wakakaka.

Jalan-jalan malam sambil liat pemandangan jalan Georgetown, Penang

Habis makan, badan sih capek, tapi karena ini lagi holiday ye kan, gue putusin buat jalan-jalan aja deh. Mana jalanannya banyak tempat duduk, jadi kalau capek jalan ya tinggal duduk aja. Di sekitar jalanan banyak gedung-gedung perkantoran pemerintahan. Lupa namanya apa aja, hehehe. Di jalanan Georgetown ini kalau malam, tokonya yang buka gak banyak kecuali kulinernya, ya. Terus ada satu pasar yang jual nasi lemak, dimsum, dan white coffee khas Penang yang uenak banget. Nanti gue ceritain dah di hari berikutnya.

Bukan cuma itu, gue menemukan persewaan sepeda buat turis lokal dan luar yang mau berkeliling Georgetown. Gue gak tau berapa tuh harga sewanya karena gue gak nyoba. Tapi kalau lo nginep di Wassup Youth Hostel dan mau coba itu lokasinya sebrang hostel, kudu naik jembatan ya kalau jalan kaki. Gue dibuat kesel sama GMaps. Gak dikasihtau dong kudu naik jembatan dan lift nya hahahaha.

Hari Keempat, Makan, Jajan, Ngopi, Makan, Jajan Gitu Aja Terus

Yups, di hari keempat ini gue cuma isi dengan kehappy-an gue aja. Bangun siang, tadinya mau makan roti bakar Toh Soon Cafe, karena udah siang ya udah gue pindah makan di roti bakar Hutton Lane deh. Khas Penang ini roti bakar dengan telur setengah matang pake selai srikaya + butter dan teh tarik. Rasanya mantep banget, sayangnya karena mendung jadi gak bisa nongki lama2 deh.

Ada cerita gak enak nih di sini, gue kelupaan naro kunci kamar hostel dong. Waduh kalau ilang bisa2 gue disuruh ganti mana duitnya gak cukup ye kan. Gue samperin dulu deh tempat makan roti bakarnya. Pas di sana dan cari gak ada. Gue coba inget-inget. And you know what....tuh kunci gue taro di kantong rok. Hilih, masih muda udah jadi nepi alias nenek pikun. Huuuu.

Eniwei, gue ada cerita lain nya pas mau makan di Hutton Lane. Sama si GMaps gue diputer2in sekali lagi gak lewat jembatan, disuruh muter jauh banget lagi padahal jelas gue tuh pilih yang jalan kaki. Tuh GMaps kagak liat jembatan atau gak update jembatan apa ya di jalan itu. Mau heran tapi ini maps bikinan orang Amerika, mungkin ga update sama jalanan Georgetown, Penang, Malaysia.

Habis makan roti bakar, karena gue masih laper jadinya gue makan lagi di warung makan yang jual nasi kandar, sejenis nasi campur khas orang India gitu Harganya jangan ditanya expensive untuk ukuran gue yang lagi ngirit budget, mungkin setara kalau makan di resto kira-kira sih 40 ribuan. And gak bisa mesen es teh tawar, karena mereka gak paham. Taunya Tea O atau Teh Kosong, even gue udah bilang pake ice hahaha.

Maen ke Museum yang creepy banget, hiiiy

Puas dan kenyang makan nasi kandar, gue jalan kaki deh muterin Georgetown. Awalnya gue main ke Museum tapi pas sampe sepi, mana tempatnya ada ruangan yang gak boleh disamperin lagi, hiiiy bikin bulu kuduk merinding. Jadi gue cuma fotoin satu ruangan dan duduk di teras luar nunggu hujan lebat yang tiba-tiba turun gitu sampe kira-kira jam 3 sore. Jam 3 sorean gue jalan ke Lebuh Armenian Street Art. Buat explore street art yang ok plus foto-foto sih. Perjalanan dari museum Penang yang creepy karena gak ada yang dateng selaen gue doang itu ke Armenian Street jalan kaki.

Jalanan Malaysia yg ga berdebu atau polusi

FYI, gue emang segitunya sih ngirit ongkos, modal maps yang sering dibikin nyasar ga jelas sih pastinya. Yaaah, walaupun ada juga yang gak nyasar sih, terutama yang jalan ke Armenian Street. Walau capeeee karena jauh & puanas banget, gue gak ngerasa pengap. Ini karena jalanannya tuh gak berdebu atau polusi yang bikin nafas juga sesak.

Go to Armenian Street, pulangnya ada drama

Pas sampai di sana, gue sempet ke kuil di dekat Armenian Street, berhubung itu hari libur jadi gue cuma bisa foto-foto di bagian depan aja. Gue berjalan terus sampai akhirnya ketemu deh itu Armenian Street. Gue akhirnya bisa berfoto di street art "Little Children on A Bicycle" yang famous itu. Masih ada lagi sih yang lain, tapi sayangnya karena flash disk nya rusak, jadi gak bisa dipost di postingan ini.

Sayangnya, maap aja nih nih tempat kalau musim holiday ruame kayak pasar. Mau foto aja antre udah kayak antre sembako. Diiiiih, emang ya Instagram vs Reality ga pernah samaaa, pasti bedanya jauh beud. Jadi gue saranin kalau mau ke sini, mending jangan musim holiday, ga bakal bisa foto-foto bebas.

Habis itu, karena gue masih mau lanjut jalan, gue explore lagi lebih jauh, spot fotonya sih emang instagramable banget. Ada museum fotografi tapi pas masuk bayar yah, terus ada suatu tempat yang kayak taman, cantik banget. Siapin aja deh tripod, tongsis, smartphone dengan kualitas bagus buat foto. Kalau lo punya kamera DSLR buat foto lebih bagus lagi atau camcorder buat bikin video perjalanan layaknya videografer profesional.

Jajan di kedai ada es mambo

Puas explore, kaki mulai cape dan pengen duduk. Untung gue nemu satu kedai yg jualan es mambo. Gue pilih es kacang hijau, harganya affordable banget, ya lumayan buat traveller ngepas duit kayak gue. Nah, uniknya ada nih pas gue keluar dari area Armenian Street. Here we go..

Dramanya begini dah...

Di jalan yang sepi, walau masih sore ada kecelakaan, bener2 di depan mata tuh. Kecelakaan dua sepeda motor. Tapi bagusnya ditangani dengan baik sama police setempat. Sempat ada drama, dan gw diem bentar. Moon maap yang model begitu ga gue rekam, kurang kerjaan banget musibah difoto, kecuali gue jurnalis yang ditugasin lain soal deh.

Karena gue ga mau liat lagi bukan karena ga kesian, tapi lebih karena kan dah ada polisi. Jadi gue terusin deh jalannya. Pengen maen ke ujung Penang yang katanya bagus buat foto sunset, tapi berhubung modal gw jalan kaki ya ga jadi deh udah pegel kakinya juga. Lanjooot nongkrong dan jajan lagi.

Nongkrong di Clan Jetties

Ini tuh desa nelayan di Penang. Tapi berhubung udah hampir sore banget dan badan udah pegel, gue cuma mampir ke gerbangnya yang cantik dengan klenteng yang religi banget. Gue cuma sempat foto-foto di sekeliling gerbang dan menikmati angin laut. Di sini tinggal beberapa orangtua yang sebagian berprofesi sebagai nelayan. Rumahnya cantik, jangan disamain dengan perkampungan nelayan kayak di negara kita ya. Air lautnya juga jernih dan rumahnya terawat. Pokoknya buat foto-foto selfie cantik banget dah.

Ngopi + jajan char kwe tiau, kacang Arab, Bakpau Babi

Puas explore Armenian Street dan nongki sebentar di Clan Jetties, gue mutusin buat jajan dan ngopi. Tempat pertama yang gue samperin kopi khas Penang, es kopi karena berhubung panas banget. Walau kaki pegel bangeeeeet, tapi gue terusin jajaaaaan. Pertama gue berburu char kwe tiau yang halal, karena gw ngincer yang isi seafood bukan piggy, hehehehe. Gue lupa nama kedainya apa, tapi numero uno deh.

Setelah itu, gue jajan camilan sejenis bakpau yah di kedai yang berbeda. Eit di sini non halal, jadi gw nyobain yg gak halal alias bakpau babi (piggy), enak gak bau amis. Habis itu tadinya gw mau pulang ke hotel, tapi ternyata ada yang unik, es cendol. Gue sih ga nyobain lagian ngapain, kan di Indonesia ada hahahaha. Jadi, gue lanjut jajan jagung rebus lagi + kacang Arab chickpea. Walau masih sore tapi karena gue masih laper dan buat camilan malam gue beli rada banyak.

Makan malam nasi Kandar, eh tapi ada secret dulu di sorenya tentang meaning masuk angin

Secret bahasa Penang waktu gue di bas sama ibu-ibu yang bilang gue masuk angin. And the meaning is...holiday. Ini gw dapetin pas sorenya gue ketemu sama roomate asal Malaysia, Melaka kalau ga salah inget. Dia ceritain kalau daerahnya tuh agak mahal cuma worth it kalau mau jalan-jalan. Dari ngobrol-ngobrol inilah, gue baru dikasih tau soal meaning masuk angin itu, karena asli gw gak ngerti ya gue tanya aja. Emang nih bahasa Melayu tuh unik-unik ya, hahaha. Ok, sehabis ngobrol-ngobrol kan laper gue mutusin buat makan malem nasi kandar sama roomate gue ini. Tentunya sehabis gue mandi ya, ga lucu kalau makan malam tapi badan bau wakakakaka.

Malam itu gw makan malam nasi kandar bukan yang super enak karena gw udah laper plus nyarinya susah juga. Jadi nasi kandar tuh sejenis nasi campur gitu. Menurut gue tetep biasa ajalah, yang enak sih cuma char kwe tiau, roti bakar telur, teh tarik maaang eh teh tarik sama kopi susunya yang enak banget. Eniwei kalau jajanan kacang Arab + jagung rebusnya sih biasa aja, karena ya namanya juga rebus.

Besoknya nah ini yang mau gue ceritain soal roti bakar yang super ngantri dari pagi.....lanjooot ke part 4 ya!