Kamis, 26 Januari 2023

Travelling ke Malaysia Tanpa Rencana Begini Jadinya - Part 2

Sambungan dari cerita gue di part 1 ya, di cerita kali ini gue bakalan kasih tau apa aja yang gue temuin di Ipoh yang gue explore selama seharian doank

Perak Cave Temple

Habis sarapan sunbathing, gue mutusin mandi, ya kali gue kagak mandi coy. Bau ketek donk wakakaka. Temen sekamar gue cuma ganti baju, pake parfum, dan dandan. Waks. Yasudlah, lesgo naek grab ke Perak Cave Temple. Patungan lah itu Grab gue sama dia, lupa euy berapa, karena hitungannya pake aplikasi. Jadi kalau di taun gue berangkat mungkin beda sama sekarang. Di perjalanan, gue sibuk melototin kota tua Ipoh yang mobilnya juga banyak yang jadul.

Pas di Perak Cave Temple, ada anjing yang jagain, tapi gak galak kok. Semacam anjing kampung gitu, ya asal lu kagak ganggu mah, tuh anjing juga gak bakalan repot nyamperin. Masing-masing aja lah, hehehe. Di dalam Perak Cave Temple, temen gue doa, gue? Sibuk foto-foto. Tapi maaf foto-fotonya kehapus semua huaaaah. Jadi nanti akan gue kasih aja ya foto by gugle. Fotonya crash gara2 flash disk nya retak. 

Buat yang belum pernah explore, gue kasih tau ya ada tangga yang licin. Ya namanya aja gua, pasti ada tetesan air. Kalau yang kuat nanjak, silakan dah panjat tuh anak tangga yang tinggi. Gue udah lupa berapa yang jelas tinggi dan gue sih nyerah buat nanjak, udah jompo kakine wakakaka. 

Nah, bagi yang mau sembahyang, Perak Cave Temple ini lumayan nyaman buat jadi tempat pray. Ada stand ramalan juga buat yang pengen diramal jodoh, rezeki, dll. Gue sih gak, kagak kepikiran juga soal jodoh atau rezeki. Percayanya cuma sama Tuhan. 

Next, habis temenin teman sekamar ini, gue pengen explore sebenarnya ke Istana Kellie's Castle, cuma jauh banget ternyata. Ya udah gue putusin buat explore kotanya aja. Cuma, kalau hari Jumat banyak tokonya yang gak buka. Gue sibuk cari street art aja sama tentu aja minum kopi khas Ipoh, White Coffee nya yang pasti beda sama White Coffee Indonesia.

Nongkrong di Cafe Nyeni

Setelah berjalan-jalan di tengah teriknya panas matahari, gue nemu satu coffee shop di daerah Bandar Timah namanya Sedap Ipoh Old Town. Awalnya sih mau ke Kedai Nam Heong yang terkenal itu. Tapi karena di Ipoh gue bermodalkan jalan kaki, jadi daripada gue lemes dan pingsan di jalan, ya udah gue putusin nongki di Sedap Ipoh Old Town. Mural Art-nya juga keren, ada yang berbentuk engkoh2 sedang meracik kopi, ada yang berbentuk becak. 

Menunya sih standar white coffee, roti bakar dengan telur 1/2 matang. Kopinya sedap banget, walau bukan tempat terkenal. Pemandangan depannya tuh pohon dan sungai. Jangan dibandingin sama sungai Jakarta ya, jaooooh. Wakakaka. Sekali lagi ini foto2nya gue terpaksa ambil dari gugle karena foto gue gak bisa di-post.

Nyari mural di deket hotel

Sepanjang jalan Sultan Iskandar, tempat gue nginep itu, bisa dipuasin liat-liat mural art-nya yang keren-keren. Tapi panas teriknya buseh dah ngalahin panggangan roti, wakakakaka. Kayaknya gue musti balik lagi sih buat ambil foto2 keren di sana. 

Ketinggalan dompet dan ketemu orang aneh

Bentar gue mau cerita kejadian unik, gue hampir aja ketinggalan dompet eh atau hp yah di kedai es susu kedelai. Yang jualannya baik banget, selain ngajak gue ngobrol dia ternyata simpenin barang gue. Untung Tuhan masih baik sama gue, kalau gak udah gak tau dah nasib gue selanjutnya. 

Gak cuma ketinggalan barang, ternyata pas gue lagi muter-muter itu eh gue ketemu engkoh2 gitu yang tereak2 di jalan. Spontan gue lari ngibrit daripada ntar ngejer gue. Secara tetangga sekitarnya pas ada itu engkoh2 langsung nutup pintu kabeh. Wakakakaka itu by the way tempatnya deket sungai, kayak tempat toko2 besi sih.

Malam makan kena scam

Namanya scam mah pasti akan selalu dialami sama traveller di mana aja. Nah, gue ngalamin nih, cerita nya gue nyoba makan di restoran kaki lima tauge ayam gitu. Gue inget banget pas pesen harganya tertera di lembaran menu, jadi ya percaya aja dah. Gue pesen sejenis nasi ayam hainan sama tumis tauge, plus minuman sejenis ice tea tapi ada rasa asam segar-nya. Tapi pas bayarnya lah kok mahal banget. Gue gak pake nanya dulu pula langsung maen pesen aja. Gue dah lupa sih berapa tapi harganya cukup mahal buat kantong gue yang saat itu lagi diirit buat pergi ke perjalanan berikutnya. 

Makanannya sih menurut gue masih B aja, gak terlalu sedap, kurang micin wakakakaka. Tumis tauge nya seger sih tapi tetap kurang sedap. Eniwei, di seberang restonya ada tempat oleh-oleh Ipoh. Gue sih gak beli kopinya walau pastinya enak banget. 

Gue beli snack doang yang harganya gak terlalu mahal. Harga sebungkus kopinya lumayan mahal, tapi nanti kalau balik lagi gue bakal beli dah buat ngopi di Indonesia kalau kangen sama white coffee nya Ipoh.

Perjalanan gue di Ipoh ini ninggalin banyak hal, salah satunya yang terakhir nih....

Sarapan pagi yang kepagian karena gue musti naek bas pagi ke bandara KL buat menuju Penang, untung lah staf nya Abby baeeeek banget, mau lho nyiapin sarapan pagi di tengah hujan yang mengguyur Ipoh pagi itu. Walau gak ada bule ganteng, tapi tetap aja sarapan gue pagi itu wuenak banget, setelah malamnya gue diganggu orang yang curhat dan ngambek sama gue, cewek pula. Deuh males banget, hahahaha. Semaleman gue gak bisa tidur tapi bukan karena itu orang, tapi karena besoknya musti bangun pagi naek bas buat ke bandara. Tau sendiri lah naek bas apalagi sampe bandara bisa 5 jam sendiri.

Lanjooot ke perjalanan gue di Penang, ya! Tungguin cerita part 3-nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar