Sabtu, 19 Februari 2022

Travelling ke Malaysia Tanpa Rencana Begini Jadinya - Part 1

Pertengahan tahun 2019, gue memutuskan untuk travelling. Sebenarnya sejak awal gue ingin travelling ke Vietnam di akhir tahun 2019 tepatnya Desember. Tapi, sekitar bulan April atau Mei, gue tergoda melihat postingan promo travelling ke Malaysia. Entah kenapa akhirnya saat itu, gue langsung memutuskan travelling aja ke Malaysia di bulan Juli. Sebelum gue cerita tentang travelling gue di Malaysia, gue harus menceritakan detik-detik perjuangan sebelum berangkat. Kenapa perjuangan? Karena, ini travelling alone ke negara orang dan ternyata butuh banyak uang buat jalan-jalan di sana. Belum lagi beberapa perjuangan lainnya. Penasaran dengan travelling alone gue? Here we go

Baru hari pertama udah nyaris gak jadi travelling

What?? Pasti itu yang ada di kepala kalian. Well, gue paham tapi kalau iya gak jadi, tulisan ini gak mungkin ada, hehehe. Nah, kenapa nih gue bilang gini? Pertama, karena malam sebelum gue berangkat, gue sibuk packing dan setrika baju. Alhasil, gue kecapekan tapi gak bisa tidur juga. Gue baru tidur nyaris sebelum ayam berkokok yang membuat gue akhirnya telat bangun. Bayangin, seminggu sebelumnya gue sudah pesan tiket KA bandara jam 5.50 karena gue harus check in di bandara paling telat itu jam 8 pagi dan stand Malindo Air buat check in ditutup satu jam sebelum take off jam 9.35. And unfortunately, gue bangun jam 6.05. Hilang sudah tiket KA Bandara yang udah dipesan. Alhasil gue harus pesan lagi, untung lah ada tapi kereta berangkat jam 7.21 sampe di Bandara Soetta jam 8.07. Itu baru sampe di stasiun KA Bandara Soetta, lho. Berangkat ke stasiun KA Bandara di BNI City pun perjuangan juga. Thanks GOD ada MRT, tapi malangnya flash card BCA gue belum diisi, kosyong. Jadilah gue mesti ambil uang di ATM BCA yang untungnya lagi ada di dekat MRT.

Di KA Bandara nyaris kekunci di WC

Sumpah, ini perjalanan yang bikin gue stress, duduk salah, berdiri salah. Gelisah kayak ada bisul yang tiba-tiba tumbuh di pantat gue. Udara dingin AC di KA Bandara membuat gue gak tahan mau ke WC. Nasib lagi mempermainkan gue, pintu WC nyaris gak bisa kebuka. Gue coba minta tolong dengan tereak-tereak dari dalam, gak ada yang gubris. Hiks, tapi dewi fortuna rupanya kesian sama gue yang udah nangis di dalam WC. Tralalaala, pintu WC kebuka sendiri. Gue lari-lari ke tempat duduk, tapi masih tetap berasa ada bisul di pantat, gelisah mulu. Perjalanan ke Bandara rasanya kayak setaooon, kagak sampe-sampe. Gue udah coba cari tahu check in online eh malah gak bisa, tanya ke tur agent katanya semoga cepet sampe, damn kirain bakal dibantu check in, huaaa, mau nangis rasanya.

Sampe di Bandara....

Gak ada kata lain selain RUN. Gue gak peduli senggol sana senggol sini, kaki kesemutan, napas ngos-ngosan sekalipun. Sikaaat yang penting gak ketinggalan pesawat. Untung Tuhan masih sayang sama gue, kereta buat ke terminal 2 langsung tersedia. Lari-larian jadi menu gue pagi itu, seolah belum cukup berlari buat kejar kereta ke terminal 2, kali ini harus LARI lagi buat boarding, nyebrang pula. Untungnya lagi, gak ketabrak mobil. Pas sampe di pengecekan barang, petugasnya bantuin gue. Selamat lah hari itu gue bisa boarding tepat waktu. Bayangin kalau telat 1 menit, hangus udah itu tiket.

Insiden di Airport KLIA

Penerbangan selama 2 jam gak bikin bosen karena gue ditemenin ibu-ibu yang ssst gak kebauan padahal gue belum mandi pagi itu, wakakakaka. Begitu mendarat di KLIA airport, gue langsung menuju stand yang jual sim card, kalau ga salah Digi nama providernya. Habis itu gue iseng tanya ke bagian informasi soal kereta yang langsung menuju lobby bawah. Tapi bujubuneng judes banget jawabnya. Yasudlah, gue turun lewat eskalator yang ditunjuk. 

Melewati bagian imigrasi ndilalah gue di prank dooong. Ih kesel banget dah. Mesake katanya karena gue itu mau ke Ipoh harusnya gak lewat imigrasi KL. Lah, masalahe kan tiket awal nya beli tuh ke KL tapi mendadak gue mutusin gak explore KL. Kalau ke Ipoh, pesawatnya lebih mahal dan harus muter ke Spore dulu.

Keluar dari imigrasi, gue kebingungan musti naek bas dari mana. Maklum terbiasanya by online jadi udah lupa cara naik bas. Tanya sana sini, hampir nyasar akhirnya ketemu juga terminal bas yang dicari. Gue pun ke Ipoh naek bas (ini bahasa di Malaysia). Dimulailah perjalanan gue naek bas ini. Eit tunggu dulu sebelumnya gue akan ceritain ada apa di terminal bas nya.

Makan Nasi Kucing versi Malaysia 

Yups bener banget, bukan cuma Indonesia yang punya nasi kucing. Malaysia juga punya. Harganya sekitar 3,50 RM. Kira2 6 rebuan sebungkus. Lauknya banyak dan bikin kenyang. Gue nunggu agak lama sekitar 2 jam lah. Sempet ngantuk dan gerah karena gue belum mandi huahahaha. A few moments later....

Explore KL-Ipoh 

Yash, akhirnya bas yang ditunggu dateng juga. I am coming Ipoh, kota idaman para backpacker di Malaysia. Selama di perjalanan ada hal lucu yang gue temuin. Saat bas melewati jalanan, ada tanda peringatan berbunyi Hati-hati ada Bomba nak melintas. Gue pikir hah ada gajah di jalanan? Ini gue di Malaysia atau Thailand ya? Sampai akhirnya ketemu lah itu Bomba yang ternyata Pemadam Kebakaran. Oalah, gue kira Bomba itu nama maskot gajah di Malaysia. Hihihi...

Selain Bomba, perjalanan dari KL ke Ipoh diwarnai dengan pemandangan yang keren banget, semua serba hijau bikin mata seger. Gak nyesel deh milih pergi ke Ipoh. Tapi cukup lama nih perjalanannya ada kali 5 jam fiuh. 

Nasi Lemak yang Dingin 

Sampe di bas stesen (terminal bus) Ipoh, gue cari charger 3 kaki, karena di Malaysia hampir semua colokannya kaki 3. Jadi gue kudu beli charger kaki 3 biar bisa nge-charge gadget gue. Habis itu, gue cari tau transportasi ke kota Ipoh. Sempet mau naik bas yang pertama datang sebelum gue beli charger, tapi gue mutusin explore dulu ah sekalian makan malam. Setelah lelah muterin tuh terminal, gue duduk di sebuah resto lantai 2 yang deket dengan perhentian bas. Gue pesen nasi lemak yang ternyata udah dingin. Kuahnya gak gurih, ayamnya oalah gak ada enak2nya. Nasinya apalagi, anyep. Akhirnya gue cuma makan beberapa suap aja, nafsu makan langsung hilang. Nyesel sih mana harganya mahal. Kapok deh makan di stesen bas gitu.

Naek Bas keinget Busway menuju Ipoh

Setelah nunggu lama, bas nya dateng. Tampilannya mirip busway, yang nyetir bisa engkoh2, bisa juga orang India. Di bas, ada sesama traveller, sayangnya dia kurang suka buat ngobrol. Ya udah, gue kembali diam dan berusaha menikmati pemandangan malam, karena matahari memutuskan travelling ke bumi belahan barat. Cukup lama perjalanan menuju kota Ipoh. 

Nyasar dan akhirnya naek Grab

Saat sampai di stesen bas kota Ipoh, gue memutuskan buat jalan kaki, eh ternyata nyasar. Boro2 hepi karena kaki udah pegel, badan udah lelah, mau cepet sampai hotel dan mandi. Setelah muter2 gak jelas, gue putusin pesen Grab aja. Syukurlah titiknya tepat dan gue selamat sampai di hotelnya yang NYENI BANGET.

Abby by The River Town 

Gak tau mau ngomong apa pas nginep di hotel ini. Mungkin kalau dibilang fasilitas kamar, cukup untuk istirahat. Ranjangnya berbunyi kalau bergerak sedikit aja. Di dalam kamar hanya ada satu traveller asal Taiwan yang punya kebiasaan unik. Kagak mandi kalau pagi, eh buseh. Kata dia, kalau pagi ngapain mandi kan semalem udah. Kalau malam harus mandi karena seharian beraktivitas banyak debu dan kotoran dari luar, belum lagi keringat, eww. Ya kalau itu sih mesti cuma gak mandi pagi? Ampun deh hahaha. Ya udahlah, yang penting gak ada cowo di dalam kamar. 

Eniwei, gue pesen kamar yang campur, ranjang susun 2, ranjangnya ada 3, karena female dorm penuh. Hotel ini emang khas backpacker. Kalau mau jalan2, bisa pesen sepeda buat keliling kota Ipoh. Temboknya penuh coretan mural. INI yang membuat gue memilih Ipoh jadi tujuan travelling alone ke Malaysia. Mengistirahatkan sejenak pikiran dari kesibukan kerja. Ssst, biarpun cuti gue tetep bawa laptop, hahaha. Tenang, gue menikmati kerja sama liburan, karena kerjaan gue bisa tetap dilakuin secara remote when I go to another place.

Jalan-jalan di Malam Jum'at 

Eh, jangan mikir mistis dulu. Jalan-jalan ini karena gue mau cari makan setelah mandi dan bersih-bersih. Gue diajak sama temen sekamar gue menikmati makan malam sambil jalan-jalan. Kami ngobrol ngalor ngidul dengan bahasa Inggris terbatas. Setelah putar2, akhirnya kami mencoba makan di street food yang harganya terjangkau kantong. 

Mie tumis seafood, gue lupa namanya. Saat ditanya mau minum apa, gue spontan pesan ice tea. Tapi pelayannya gak mudeng. Oalah, ternyata di Malaysia, penyebutan ice tea itu terdengar asing. Mereka mengira gue pesen air teh yang mereka gak punya. Akhirnya temen sekamar gue memesankan sejenis Chatime yang jadi minuman khas di Taiwan. Ada yang gue sedihkan, mie nya gak habis karena selain porsinya kebanyakan, rasanya kurang nendang di lidah. 

Setelah makan, gue memutuskan ingin beli sikat gigi dan camilan khas Ipoh di salah satu supermarket yang masih buka. Gue pikir temen sekamar gue mau langsung pulang, ternyata dia baik banget mau nemenin, dong, hehehe. Malam itu berlalu dengan gembira dan gue bisa tidur lelap karena cukup lelah setelah seharian berpindah alat transportasi dan berjalan kaki.

Sarapan sunbathing 

Maksudnya bukan gue makan cahaya matahari, tapi sarapan sambil menikmati siraman matahari pagi. Ini sarapan pagi terlezat sekaligus menyenangkan. Sambil menikmati sarapan khas hotel, roti bakar, sosis, telur omelet, teh tawar hangat, gue cuci mata flirting cowok-cowok bule ganteng. Gak sampe ngajak kenalan sih, MALU.

Cewe Taiwan: "Where do you want to go today?"

Me: *geleng-geleng* "I don't know. Do you have a plan?"

Cewe  Taiwan: "Sure, I want to go to Perak Cave Temple. I want to pray."

Me: " I'll go with you."

Bersambung ke cerita berikutnya



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar