Senin, 07 Januari 2019

5 Kunci Sukses Meniti Karir di Dunia Digital Bagi Generasi Millennial Tahun 2019


Generasi millennial yang lahir dari rentang tahun 1981 hingga 1995 saat ini banyak yang sudah memulai dunia kerja. Terutama kamu yang terlahir di akhir generasi, saat ini baru lulus, dan sedang asyik-asyiknya memasuki dunia kerja.
HOBIKUDUNIAKU, Jakarta - Di tangan generasi millennial ada begitu banyak perubahan khususnya di dunia digital. Bagi kamu, generasi millennial yang serius ingin meniti karir di dunia digital, ini lima kunci sukses yang harus kamu miliki :

Banyak Baca dan Belajar




Perkembangan dunia digital yang cepat membuat kamu mau tidak mau harus terus update dengan perubahannya. Sekarang ini untuk tahu update berita terbaru cukup dengan sekali sentuh lewat media sosial atau mbah gugel. Kalau kamu mentok dengan pengetahuan kamu yang itu-itu saja bisa dipastikan kamu akan tertinggal. 

Perluas wawasan kamu dengan mengikuti pelatihan baik secara online ataupun offline. Banyak membaca buku bisa lewat digital/e-book atau buku fisik jika kamu belum terbiasa membaca buku lewat gadget. 

Teliti Sebelum Click dan Share




Sering membaca judul berita yang membuatmu terpancing membaca, dan berujung menyebarkan ke seluruh akun media sosial kamu? Berhati-hatilah di musim pilpres saat ini ada banyak banget akun bodong yang bertujuan mengadu domba masyarakat. 

Baru-baru ini ada berita hoax yang disebar oleh salah seorang tokoh politik penting di Indonesia. Yang mengatakan ada 7 kontainer surat suara yang sudah dicoblos. Sebagai netizen yang cerdas, jangan keburu share dulu. 

Cek dengan menanyakan kepada pihak yang bersangkutan yakni KPU. Jangan pernah percaya berita bohong yang belum tentu kebenarannya. Ingat lho, bukan hanya yang membuat berita hoax yang dikenakan pasal, namun juga yang menyebarkan. Jadi sebelum click dan share, cari tahu dulu yah lewat institusi penting.

Jangan Jadi Netijul (Netizen Julid)




Mungkin kesannya nggak penting buat kamu, tapi hei sekarang ini perusahaan melihat aktivitas online calon karyawan dan pegawainya dari media sosial. Jadi berhati-hatilah dengan penggunaan media sosial. 

Jangan suka julid di media sosial, nggak perlu beralasan mau kritik padahal niat kamu julid. Coba pikir lagi deh buat apa sih komentarin artis yang baru operasi plastik atau komentarin baju anaknya artis. Memang ngaruh gitu buat hidup kamu? Kamu jadi rugi kalau itu artis operasi plastik? Toh operasi plastik nggak pakai uang kamu kan? 

Jangan Usil di Media Sosial




Misalnya membuat meme dengan tujuan menyindir salah satu tokoh politik atau tokoh penting lain. Walau kamu gemas dengan kelakuannya yang nyeleneh tapi efeknya kamu juga yang merasakan. Jika kamu dilaporkan dengan tuduhan pencemaran nama baik, yang rugi kamu sendiri kan? Belum lagi sekarang ada UU tentang body shamming, UU yang bertujuan melindungi orang yang perlakuan pembully-an bentuk tubuh di media sosial. Lebih baik kamu

Gunakan Media Sosial untuk




Sesuatu yang berguna misalnya kamu suka make up dan jago make up, kenapa nggak buat aja tutorial make up di youtube, lalu share atau promote di instagram kamu hasilnya, kasih link youtube tutorialnya di instagram kamu. Atau misalnya kamu suka jalan-jalan, bikin vlog tempat-tempat wisata keren yang belum pernah didatangi traveller lain.

Atau kamu sedang punya hobi baru misalnya memasak, berkebun, melukis. Gunakan waktu luang dengan mencari resep di media sosial, teknik berkebun, info tanaman terbaru, bibit tanaman terbaik, info kursus melukis, teknik baru melukis di internet, youtube, ataupun media sosial. Jangan pernah sia-siakan waktu luangmu, gunakan untuk hal yang positif.

Lakukan lima kunci sukses ini jika kamu ingin meniti karir di dunia digital, dan sukses mencapai posisi yang kamu idamkan. Jangan pernah takut untuk mengambil pelatihan, kursus, atau kuliah lagi jika perlu. Diskusikan dengan atasanmu apakah memungkinkan jika kamu belajar lagi, toh semua untuk kemajuan karirmu.

Last but not least, di dunia digital sekarang, kamu harus akrab dengan smart and virtual office atau istilah keren co-working space. Menjamurnya co-working space ini memang diperuntukkan untuk generasi millennial.

Terbatasnya lahan dan waktu membuat beberapa start-up memilih menyewa co-working space karena beberapa keunggulannya seperti penyewaan ruang yang terjangkau dengan fasilitas wifi, tersedianya ruang meeting, bahkan beberapa ada yang menyediakan food market/coffee shop.

Seperti Office99, smart and virtual office yang berlokasi di BSD cukup dengan membayar 200 ribuan per bulan kamu sudah mendapatkan exclusive serviced & virtual office dengan fasilitas 24/7 secure access, custom build-outs, conference rooms, instanely fast wi-fi, private label mail services, concession food market, daily on-site cleaning, dan furnished work spaces  yang tentunya membantu kebutuhan kerja generasi millennial. Yuk mulai beralih ke #Office99 agar sukses berkarir di dunia digital.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar