Jumat, 24 Juni 2016

Cantik Berkat Seni Lukis Tubuh ala Henna Jadi Trend Di Kalangan Wanita



Setiap wanita pasti ingin mendapatkan kecantikan. Segala cara dilakukan mulai dari perawatan tubuh, rambut, bahkan mencoba berbagai metode detox tubuh dan wajah agar tampak kencang, bugar dan sehat plus awet muda.

India yang kita kenal dengan film dan lagunya yang sering fenomenal bahkan diingat hingga saat ini juga memiliki budaya kecantikan terutama di kalangan wanita yang akan menjadi pengantin. Tradisi unik yang dipertahankan hingga saat ini walau zaman sudah modern yakni seni lukis tubuh henna di lengan dan kaki dengan motif unik dan menarik.

Henna sangat berbeda dengan tattoo pada umumnya yang menggunakan jarum suntik dan tentu saja itu berbahaya karena selain dapat menyebabkan penyakit apalagi jarumnya tidak steril. Henna menggunakan bahan herbal alami yakni daun pacar yang ditumbuk hingga berwarna merah. Tanaman ini pun hanya ada di India dan kalangan timur tengah.

Tradisi henna ini sudah ada bukan hanya di India namun juga di Arab. Biasanya henna dilakukan sebagai ritual pada adat pernikahan. Pada hari itu, kuku, tangan, dan kaki calon mempelai perempuan di lukis dengan daun pacar yang sudah ditumbuk. Yang unik nama mempelai laki-laki disembunyikan dan harus dicari sambil bernyanyi dan menari.

Di Indonesia henna hanya sebagai bagian dari ritual dan adat di daerah saja. Namun saat ini henna tak hanya digunakan untuk adat pernikahan saja. Ternyata, banyak wanita Indonesia tertarik menjadikan henna sebagai bagian dari mempercantik diri dan bukan hanya ritual belaka di hari pernikahan.

Seperti kita tahu sebelumnya, henna pernah memakan korban hingga membuat tangan seorang wanita bengkak bahkan bernanah. Entah karena bahannya tidak bagus ataukan cara penggunaannya ada kesalahan prosedur.

Henna ini aman digunakan untuk kaum muslim karena pada dasarnya henna bukanlah tattoo yang sifatnya permanent dan menggunakan bahan herbal yang pastinya aman untuk kulit wanita. Ada banyak motif yang dapat dipilih sesuai makna yang ingin disampaikan.

Henna sekarang tak hanya sebatas kuku, tangan, ataupun kaki yang biasa digunakan pada upacara pernikahan. Kita bebas melukisnya pada punggung, bahu, bahkan seluruh tangan dilukis penuh henna pun tak masalah.

Bahkan henna saat ini juga bisa dilukis di atas perut terutama ketika sedang hamil. Gunanya? Hmm….hanya menjadi gaya hidup saja bagi beberapa negara. Kamu juga ingin mencoba melukis perut kamu dengan henna. Melukis henna walau menggunakan alat lukis seperti kita ingin melukis di atas kain, namun uniknya tak perlu menggunakan cetakan.

Bahan henna sendiri adalah henna bubuk, di mana henna ini berasal dari 4 negara, yakni henna Punjab dari Pakistan, henna rajastani dari India, henna Arabic dari Yaman, dan henna Afrika dari Maroko. Ada beberapa bahan yang diperlukan yakni tentunya buku yang berisi desain pacar, tentu kamu ingin memilihkan desain terbaik untuk klien kamu, pensil, kertas transfer, tinta/pensil, gliserin yaitu transfer balm, dan henna kerucut/henna cone.

Daun pacar yang dijadikan bahan henna ini memiliki sifat magis dan melambangkan kesucian. Untuk di Indonesia saja misalnya dari daerah Bugis-Makassar. Di Bugis, jelang pernikahan akan dilakukan Wenni Mapacci atau Akkorontigi di Makassar yang berarti malam penyucian diri dengan meletakkan tumbukan daun pacar ke tangan calon mempelai.

Setiap simbol henna yang digambarkan memiliki arti masing-masing. Seperti halnya di Bugis, diharapkan mereka yang dilukis henna memiliki kehidupan rumah tangga yang langgeng dan bahagia. Beda lagi dengan di Minangkabau yang dikenal dengan Malam Bainai atau malam seribu harapan, malam seribu doa bagi calon mempelai wanita yang akan menikah esok harinya.

Sedangkan di Aceh, dikenal dengan nama Malam Bohgaca. Dan biasanya dilakukan sehari sebelum akad niakh dilangsungkan. Daun pacar melambangkan istri sebagai obat pelipur lara plus perhiasan rumah tangga.
Bagaimana dengan di Riau? Yang dikenal dengan malam berinai curi yakni malam penggunaan daun pacar untuk kedua mempelai. Tujuannya untuk menolak bala dan melindungi pasangan pengantin dari bahaya, memunculkan aura dan cahaya dari kedua calon, serta memunculkan wibawa pengantin pria.

Sekalipun henna saat ini menjadi trend seni lukis bagi wanita tapi jangan terlalu berlebihan dan harus cermat memilih motif yang cocok. Terkecuali kamu ingin menggunakan henna untuk pernikahan kamu. Saran saja gunakan henna hanya di tangan dengan motif yang simple dan hanya untuk mempermanis penampilan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar