Rabu, 08 Juni 2016

Tips Kreatif Anti Bosan Hadapi Cuti Kerjamu


Setiap karyawan berhak mendapatkan cuti, entah itu cuti tahunan, cuti hari raya, cuti sakit. Khusus untuk wanita ada yang namanya cuti haid, hamil dan melahirkan. Bahkan di perusahaan saya diberikan cuti saat ulang tahun dan boleh diambil di bulan ulang tahun.

Cuti bermanfaat loh untuk mengistirahatkan pikiran agar kembali fresh, dan tubuh menjadi sehat saat kembali bekerja. Daripada bingung dan berteriak bosan sebelum masa cuti dimulai, baca dulu nih tips kreatif anti bosan hadapi cuti kerja :

Keliling kota saat jam kerja
Bangun pagi seperti biasa, tapi NO Office Suit pernah terbayang? Nah, mengapa tak dicoba saja. Rencanakan semalam sebelumnya, rute apa saja yang ingin dijelajahi. Jika bingung, searching saja di google. Di Jakarta, ada bus bertingkat gratis yang akan membawa jalan-jalan keliling Jakarta menjelajahi tempat wisatanya. Jika ingin naik transjakarta boleh juga dicoba, ikuti saja rutenya dari halte keberangkatan sampai halte pemberhentian terakhir. Teman saya pernah iseng naik seluruh rute transjakarta, jadi sekarang kalau saya butuh info rute transjakarta, tinggal tanya dia. Jangan lupa rekam perjalanan kamu lewat kamera ponsel atau buat video biar seru dan jadi pengalaman menarik. Edit hasil rekaman kamu, buat dalam bentuk vlog yang berisi tempat yang dikunjungi berikut tips selama perjalanan.



Merekam hobi kamu, posting di youtube
Jika hobimu masak kamu bisa buat tutorial memasak masakan andalan kamu. Atau bisa juga kamu merekam sedang memasak masakan hasil eksperiment terbaru. Seperti seorang chef di televisi yang memiliki channel sendiri. Bagaimana jika hobinya membaca buku, dan menulis? Sekarang sudah ada vlog atau video blogging bukan? Mengapa tak dicoba saja, kamu bisa ceritakan buku yang sudah kamu baca berikut pendapat kamu dengan cara yang kreatif. Atau kamu bisa melakukan steller, story teller yang sekarang sedang hip. Menceritakan kembali apa yang sudah kamu baca, lihat dan rasakan. Buat sedramatis mungkin dan tambahkan efek suara atau foto bergerak yang dapat membuat pembaca tertarik untuk terus diam membaca steller kamu.



Buat scrapbook dari barang bekas
Bagi kamu yang kreatif dan senang yuk buat creasi scrapbook sendiri, ide ini boleh dicoba sekaligus mengurangi sampah dan mendaur ulang sampah. Daripada beli bahan baru lebih baik creasikan barang bekas pakai bukan? Ada  foto-foto lama di album, buat jadi kolase atau scrapbook unik dan kreatif saja. Dan eh bisa jadi bisnis loh jika karya kamu sangat unik, menarik, dan kreatif. Posting karya kamu di instagram, jangan lupa di beri tanda bahwa itu milik kamu agar tidak dicuri orang.



Manfaatkan diskon tempat wisata di masa cuti
Tempat wisata biasanya memberikan diskon miring di saat weekdays. Kenapa tidak dicoba saja? Seharian di Dufan, membawa bekal makanan hasil creasi masakan sendiri tentu rasanya lebih enak. Selain tempatnya tidak ramai, harga lebih murah bukan.Selain itu wisata edukasi alam sambil camping boleh dicoba, ajak keponakan atau saudara yang sedang liburan sekolah.



Bazaar on the road
Kalau yang ini musti disiapkan jauh-jauh hari dan mengajak teman dekat atau orang yang punya tujuan yang sama dengan kamu. Walaupun on the road tapi sebaiknya disiapkan jauh hari dan jangan dilakukan saat jam kerja. Kamu bisa melakukannya saat weekend atau hari libur nasional. Loh tapi kan cuti? Yah kalau cutinya panjang 2 minggu tentu bisa dong mengadakan bazaar on the road. Yang dijual bisa apa saja? Makanan, baju, parfum, buku, sepatu, handpohone, barang kebutuhan rumah tangga. Tergantung tema bazaar yang kamu adakan saja.



Manfaatkan lahan kosong
Punya lahan kosong di halaman rumah? Tanami saja dengan tanaman sayur dan bumbu dapur. Lumayan untuk menghemat belanja kebutuhan sehari-hari. Cabe, tomat, sayur-sayuran, daun salam, kentang, dll. Daripada tanah kosong gersang dan panas, jika ditanami rumah kamu pun jadi segar dan membuat bumi jadi lebih hijau. Bagaimana jika tak ada lahan, ya sudah gunakan teknik hidroponik, tanaman di pot dan gantung di dalam rumah biar rumah segar dan sejuk.



Semoga tips ini berguna buat kamu yang sedang mempersiapkan cuti kerja. Gunakan waktu cuti sekreatif mungkin agar lebih bersemangat saat masuk kerja kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar