Jumat, 24 Juni 2016

Finding Dory : Petualangan si Biru Tang yang Pelupa



Sutradara dan Penulis Skenario : Andrew Stanton

Cast       :   Ellen DeGeneres as Dory
                    Albert Brooks as Marlin
                    Hayden Rolence as Nemo
                    Diane Keaton as Jenny
                    Eugene Levy as Charlie
                    Ed O’Neil as Hank
                    Kaitlin Olson as Destiny
                    Ty Burrell as Bailey
                    Idris Elba as Fluke
                    Dominic West as Rudder

Berpetualang di dunia ikan kembali ditampilkan oleh Andrew Stanton setelah sebelumnya sukses membawa Finding Nemo menjadi film animasi tersukses kedua yang diproduksi oleh Pixar dan meraih penghargaan Academy Award.

Jika sebelumnya Finding Nemo berkisah seekor ikan badut, Marlin yang mencari anaknya Nemo, kali ini Andrew Stanton terpetik ide ingin menggali kisah Dory. Si biru tang yang dikisahkan pada Finding Nemo sebagai ikan yang mengalami lost short memory atau hilangnya ingatan jangka pendek setiap 10 detik.

Sebelum berkenalan dengan Marlin, Dory yang dikisahkan saat masih kecil sudah mengalami lost short memory. Namun kedua orangtuanya, Jenny dan Charlie tak putus asa berusaha terus membuat sang Dory kecil belajar mengingat setiap kejadian. Malangnya, Dory kecil terseret arus dan dia tak ingat jalan pulang bahkan tak ingat nama kedua orangtuanya bahkan tempat tinggalnya.

Dory kecil terus berusaha mencari kedua orangtuanya hingga dewasa dan akhirnya bertemu Marlin. Petualangan keduanya dalam menemukan Nemo membuat Dory menemukan keluarga baru dan sedikit melupakan kedua orangtua serta tempat tinggal kawanannya, ikan biru tang.

Suatu hari saat Dory ikut mengantar Nemo ke sekolah untuk melihat migrasi ikan pari, Dory teringat akan kedua orangtuanya namun tetap masih belum ingat siapa namanya dan di mana dia tinggal. Dia hanya ingat bahwa tempat tinggalnya  bernama Permata dari Morro Bay, California.

Dan dimulailah petualangan ketiganya walau sempat terjadi perdebatan antara Marlin, Nemo, dan Dory. Marlin tak setuju karena dirinya khawatir Dory akan semakin tersesat dan dia akan kehilangan sahabat terbaiknya ini. Namun, Nemo tak setuju pendapat ayahnya, dia ingin Dory kembali pada keluarganya, dan kawanannya. Nemo mengingatkan betapa pentingnya sebuah keluarga, dan membuat Marlin luluh.

Dalam perjalanan yang dibantu oleh Crush, si kura-kura dan anaknya menyebrang dan melintasi lautan. Mereka sempat dihadang cumi-cumi raksasa yang ingin memakan Nemo dan membuat Nemo hampir mati kehabisan napas. Marlin marah pada Dory karena Dory tak dapat berbuat apa-apa, hanya membuat masalah saja. Dory yang kecewa memutuskan mencari sendiri keluarganya, dan itulah yang membuatnya kehilangan Marlin dan Nemo.

Dory mendengar suara dari Sigourney Weaver, dan terjebak pada karantina ikan Marine Life Institute. Marlin dan Nemo sedih, cemas dan hampir putus asa melihat Dory yang ditangkap. Namun lagi-lagi keberuntungan sekaligus petualangan menghampiri ayah dan anak ikan badut ini.

Saat keduanya bertemu Fluke dan Rudder, dua ekor singa laut yang senang bersantai di batu. Keduanya berusaha meminta bantuan, dan Becky si bebek membantu dua ikan badut ini menuju tempat karantina Dory.
Dory yang berada di tempat karantina, bertemu Hank, gurita yang pandai menyamar, memiliki 3 jantung dan kehilangan tentakelnya. Hank berniat mengambil label milik Dory yang bertuliskan Destiny agar dapat hidup nyaman di Cleveland. Dan Dory menyetujui asalkan Hank membawanya pada  tempat pameran di mana kedua orangtuanya berada.

Nyaris bersamaan dengan Marlin dan Nemo yang hampir sampai pada tempat karantina, Dory dan Hank yang dibantu oleh Destiny, si paus teman masa kecil Dory dan Bailey, ikan beluga menuju tempat pameran berada.

Saat telah sampai Hank yang merasa telah dekat dengan Dory sedih karena akan berpisah. Sayangnya, Dory tak menemukan kedua orangtuanya dan justru menemukan mainan masa kecilnya. Namun mainan masa kecilnya ini tak mampu membuatnya bertemu dengan kedua orangtuanya.

Petualangan Dory kembali mencuat saat dirinya berusaha mencari kedua orangtuanya dengan masuk ke dalam arus dan melewati pipa. Syukurlah dirinya berhasil bertemu dengan Marlin dan Nemo berkat usaha keras Marlin, Nemo dan ketidaksengajaan Bailey mengarahkan Dory saat menyusuri pipa.

Usaha mereka hampir berhasil karena Dory akhirnya bertemu kawanannya, si ikan biru tang. Namun, tak menemukan Jenny dan Charlie. Di dalam kebimbangannya, Dory tak sadar ada bahaya mengancam dirinya dan kedua sahabatnya. Kembali lagi Dory terpisah dan ingatannya menghilang, walaupun begitu Dory tetap merasa ada yang hilang. Dory merasa dirinya bodoh dan tak berguna, sampai akhirnya dia berada di suatu tempat yang mengingatkan dirinya akan masa kecilnya. Yah, mainan masa kecilnya yakni kerang yang dulu membantunya menemukan jalan pulang ke rumah.

Mampukah mainan masa kecilnya mengembalikan Dory pada keluarganya? Bagaimana nasib Marlin, Nemo, Hank, dan ikan-ikan yang terjebak dalam minibus yang akan menuju Cleveland?

Andrew Stanton mencoba mendulang kesuksesan kembali bersama Pixar setelah Finding Nemo. Finding Dory memberikan banyak pelajaran penting selain persahabatan. Namun juga pentingnya sebuah keluarga dan penerimaan terhadap seseorang yang memiliki keunikan seperti Dory.

Kesal karena memiliki sahabat yang sering pelupa wajar, namun menerima dan membantunya akan jauh lebih bermakna daripada menjauhi. Dari Dory, si ikan biru tang kita dapat memetik karakter baik seperti tak memiliki rasa sakit hati, dendam karena disepelekan oleh Marlin. Dan juga sifatnya yang lucu, periang, dan supel.

Film ini sangat cocok ditonton bersama keluarga tercinta terutama anak-anak karena mereka akan belajar tentang dunia ikan. Selain itu anak-anak juga akan belajar bagaimana bergaul dengan lingkungan baru, dan belajar untuk tidak rendah diri terhadap keunikan yang menjadi kelemahannya. Dory, walaupun dirinya tahu memiliki lost short memory setiap 10 detik, tak membuatnya kehilangan sifat ceria dan lucu. Namun justru hal itulah yang membuat dirinya disukai oleh ikan-ikan lainnya.

Bagaimana? Siap berpetualang bersama Dory? Saksikan Finding Dory di bioskop kesayangan Anda, dan jangan lupa ajak anak, adik, keponakan agar mereka dapat belajar dunia ikan, dan mendapat pelajaran berharga dari Dory dan kawan-kawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar